Container Icon

BAGAIMANA BERHENTI MEROKOK


BAGAIMANA BERHENTI MEROKOK

Ada banyak orang ingin berhenti merokok tapi tidak tahu caranya. Berikut ini adalah 10 langkah yang digunakan oleh jutaan orang dan berhasil bebas dari cengkeraman rokok, diseluruh dunia.

1.       Siap Dibebaskan
Bila Anda terdorong untuk berhenti merokok, buatlah  segera renca na dan lakukan dalam waktu satu atau dua minggu, janganlah menangguhkan terlalu lama.  Perbedaan antara impian dan kenyataan adalah tindakan.
Ø  Bulatkan tekadmu untuk berhenti merokok.
Anda akan heran betapa mudahnya mewujudkan keinginanmu jika kamu mengadakan persiapan fisik, mental dan sosial secara benar.

2.       Persiapan Fisik
Seperti  seorang atlit dalam pelatihan, Anda akan dapati keputusanmu itu mudah dilakukan jika Anda
v  Tidur 8 jam setiap hari. Usahakan tidur sebelum jam 10 malam.
v  Minum air jernih sedikitnya 8 gelas perhari. Jangan minum limun, alcohol, minuman berenergi.  Minumlah air jernih tanpa gula  atau jus buah. Air akan membantu tubuh membersihkan diri dari racun-racun rokok dan mengurangi akibatnya.
v  Sarapan yang bergizi setiap hari. Usahakan tidak makan daging. Perbanyak makan buah dan sayuran. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang akan menetralisir racun rokok dalam tubuh. Dan kurangi gorengan,serta bumbu-bumbu yang terlalu merangsang atau pedas, sebab akan mendorong untuk merokok.

v  Berolah ragalah minimal 3 kali dalam seminggu, dan akan lebih baik bila setiap hari.  Jalan cepat, seperti orang baris, selama 30 menit, sudah memadai.  Olah raga akan membantu mengeluarkan racun rokok yang telah mengendap dalam tubuh dan membuat tubuh lebih kuat dan mengurangi gejala berhenti merokok

3.       Persiapan Mental
Pikirlahlah terus menerus keuntungan yang Anda peroleh bila berhenti merokok, dan yakinlah bahwa Anda bisa melakukannya.  Ingatlah bahaya merokok bagi kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda cintai.  Kalau perlu buat tulisan dan tempelkan di tempat mana Anda mudah membacanya setiap waktu untuk mengingatkan Anda. Bertindak dan berpikirlah seperti seorang yang tidak pernah merokok

4.       Persiapan Sosial
Beritahukan rencana Anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan sahabat-sahabatmu. Bila ada teman yang mau melakukan usaha bersama berhenti merokok maka akan sangat membantu.
Selama proses berhenti merokok tolaklah dengan sopan tawaran merokok atau minuman keras dari sahabat.  Hindarkan pertemuan dengan kawan-kawan yang mungkin akan memberikan tekananan untuk merokok.  Pikirkan jawaban apa yang terbaik bila ada orang yang menawari merokok, atau cara menghindari nya.
Mintalah dukungan keluarga dan sahabat, kalau bisa temukan kawan yang sedang berusaha berhenti merokok atau yang pernah mengalami berhenti merokok.


5.       Persiapan Rohani
Berdoalah menurut keyakinan anda, memohon pertolongan Tuhan agar dapat mengalahkan ketagihan dan berhasil dalam usaha berhenti merokok.

6.       Buatlah catatan
Catatlah berapa kali kamu tergoda untuk merokok, dan pikirkan akibatnya bila kamu merokok.  Dan berapa keuntungan yang Anda peroleh karena tidak merokoknya.

7.       Tentu Hari Kebebasan
Tetapkan hari dimana Anda akan mulai berhenti merokok.  Usahakan merokok lebih sedikit sebelum hari itu.  Pada hari yang telah ditetapkan, rayakan dengan membuang semua rokokmu, singkirkan korek api dan asbakmu, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan rokok.  Beritahukan kepada semua anggota keluarga dan teman-temanmu bahwa kamu mulai hari itu akan berhenti merokok.

8.       Bersiap Bila Kambuh
Banyak perokok yang gagal pada awalnya, tapi jangan putus asa, dan buanglah semua rokokmu. kamu belum gagal , ini hanyalah perjalanan menuju sukses.  Kamu gagal bila kamu berhenti berusaha lagi.
Bersiaplah untuk menghadapi dorongan merokok.  Cobalah hal-hal berikut ini untuk mengalahkan dorongan itu.
§  Katakan pada dirimu sendiri,”Aku memilih untuk berhenti merokok”
§  Sikat gigimu dengan pasta gigi akan menyegarkan mulut dan menghilangkan  dorongan itu
§  Makanlah buah pisang, jeruk, atau lainnya.
§  Minum segelas air jernih atau jus buah (tanpa gula).
§  Olah raga ringan
§  Tariknapas dalam-dalam lima kali
§  Mandi air hangat
§  Tinggalkan pekerjaan sejenak untuk bersantai.
§  Bayangkan keuntungan dan kerugian dari merokok

9.       Rencanakan Kemenangan
Pada awal berhenti merokok akan muncul tanda-tanda seperti mudah marah, sulit mengendalikan perasaan, kurang konsentrasi, gelisah, sulit tidur, batuk, penurunan denyut nadi, serta nafsu makan bertambah. Gejala berhenti merokok itu disebut withdrawal. Gejala itu adalah normal, disebabkan oleh  ketergantungan tubuh kita pada racun rokok. Pada setiap orang gejala itu tidak sama, tergantung pada kesehatan tubuh dan seberapa parah telah menjadi perokok.
Satu minggu pertama dan kedua gejala withdrawal dan godaan untuk merokok adalah sangat besar.  Tubuh perlu waktu untuk membersihkan diri dari racun rokok dan memulihkan keadaan normalnya yang tidak membutuhkan racun itu untuk bekerja.  Janganlah mundur, karena semua itu akan hilang dengan sendirinya setelah satu sampai dua minggu, tergantung seberapa parah Anda telah merokok.
Bila Anda sudah menang dalam satu hari maka Anda akan menang pada hari berikutnya.  Rencanakan kemenangan total dari cengkeraman rokok.

10.    Jaminan kemenangan selamanya
Tubuh Anda akan berfungsi dengan normal seperti pada waktu belum merokok setelah satu sampai dua bulan.  Dengan demikian maka Anda telah meraih kemenagan yang kekal.  Dan jangan sekali-kali mencoba kembali untuk merokok meskipun hanya satu batang saja.
Bagikanlah pengalaman Anda dengan teman-teman, hal ini akan semakin menguatkan Anda untuk tetap tidak merokok.

KEUNTUNGAN BERHENTI MEROKOK
1.       20 menit setelah berhenti merokok tekanan darah kembali normal.
2.       24 jam setelah berhenti, resiko serangan jantung menurun.
3.       48 jam setelah berhenti kemampuan indera pembau dan perasa mulai pulih.
4.       72 jam setelah berhenti kapasitas paru-paru meningkat.
5.       2-4 minggu kemudian peredaran darah membaik/meningkat.
6.       1-9 bulan cilia (bulu halus pember sih) kembali tumbuh di paru-paru.
7.       1-9 bulan resiko bronchitis dan pneumonia menurun
8.       Resiko kanker paru-paru dan penyakit jantung berkurang sampai 50% selama tahun pertama. Kelancaran peredaran darah dan stamina membaik, dan pengkeriputan kulit berhenti.
9.       2-5 tahun kemudian, resiko serangan jantung sama dengan mereka yang tidak merokok.
10.    5-10 tahun kemudian resiko kanker tinggal sepersepuluh dibandingkan dengan perokok.
11.    Keyakinan dan percaya diri meningkat, karena kesehatan dan penampilan lebih baik.

Dibagikan gratis oleh:
Masehi Advent Hari Ketujuh
Konferens Jawa Kawasan Timur
Departemen Pola Hidup Sehat
Jl. Teluk Kumai Barat 2
Surabaya, 60615
Telp. 031 - 3281876

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Syukron^^