Container Icon

Racun Yang Paling di Gemari Orang


FAKTA TENTANG ROKOK
Racun di dalamnya
Didalam tembakau terdapat lebih dari 4000 zat kimia, dan sekitar 300 merupakan racun bagi tubuh dan 69 diantaranya adalah karsinogen (penyebab kanker).
Jadi pada waktu Anda merokok berarti sedang memasukkan 300 macam racun kedalam tubuh dan 69 diantaranya dapat menyebabkan Anda terkena kanker.  Tanpa Anda sadari bahwa Anda sedang bunuh diri secara perlahan.
Pembunuh Terbesar
Rokok membunuh pemakainya lebih banyak dari pada obat keras (drug) lainnya.
Perokok……………………………….....63,7%
Alkohol…………………………………..15,4%
Heroin…………………………………….0,4%
Kokain …………………………………...0,5 %
Lebih dari 2 juta orang setiap tahun meninggal di seluruh dunia akibat berbagai penyakit yang berkaitan dengan rokok.  Korban rokok lebih banyak dari pada korban tsunami. Dan ini terjadi setiap tahun, bahkan ada kecenderung meningkat di Negara berkembang, termasuk Indonesia.

Penyebab Kecanduan
Orang gencar memerangi narkotika, tapi melupakan rokok.  Sebenarnya dalam beberapa hal rokok memiliki rentetan akibat yang lebih berbahaya dari pada narkoba. Dan rokok seringkali menjadi pintu gerbang penggunaan narkoba. Seorang perokok akan lebih mudah tergoda untuk memakai ganja dan jenis narkoba lainnya dibandingkan bukan perokok. Rokok juga menyebabkan kecanduan lebih dari pada obat keras (drug) lainnya.
Rokok …………………………………100 %
Kokain ……………………………….. 97 %
Valium …………………………………85 %
Alkohol ……………………………….. 82 %
Heroin ………………………………... 82 %
Kafein ………………………………… 72 %


Sumber Kanker
Berbagai kanker berikut ini disebabkan oleh rokok
Paru-paru dan salurannya                90 %
Larynk                                                    84 %
Mulut (lidah,bibir,dll)                           92 %
Esofagus                                               78 %
Pankreas                                               29 %
Kantung kencing                                 47 %
Ginjal                                                     48 5
Ada banyak Kanker lainnya yang diduga juga mempunyai  kaitan dengan rokok antara lain  kanker  leher rahim, payudara dan lain-lain

Perusak Jantung dan Pembuluh Darah
Racun dalam rokok, seperti nikotin, karbon monoksida dan beberapa lainnya menyebabkan peningkatan denyut jatung, tekanan darah kolesterol,  dan menghasilkan penyempitan pembuluh darah yang berujung pada penyakit  tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.  Semua itu menghasilkan kelumpuhan dan kematian mendadak.

Menurunkan Fungsi Otak
Karbon-monoksida adalah racun yang sama sering kali membunuh orang yang menggali sumur.  Racun ini menghalangi darah mengikat dan menyalurkan oksigen kedalam tubuh. Orang perokok akan mengalami kekurang suplai oksigen, terutama kepada otak sehingga otak tak dapat bekerja dengan maksima.
Dalam hitungan detik racun rokok yang dihisap akan masuk kedalam otak dan menyebabkan ketagihan, mempengaruhi kecerdasan dengan memperlambat fungsi mental .
Pada orang tua perokok akan mengalami penurunan mental 5 kali lebih besar dibandingkan yang tidak merokok.
Apakah Anda lebih cerdas bila dengan menghisap rokok?

Merusak Reproduksi dan Keturunan
Salah satu alasan mengapa orang terutama remaja belajar merokok adalah merasa bahwa dirinya menjadi lebih hebat, perkasa dan jantan.
Penelitian di Inggris menyatakan 120.000 pria berusia antara 30 sampai 50 tahun mengalami impotensi akibat merokok. Dan pria perokok memiliki resiko menjadi tidak subur atau mandul 2 kali lebih besar dari pada  bukan perokok. 
Apakah Anda akan lebih jantan /macho bila merokok?
Wanita yang ingin hidup sehat dan mempunyai anak sehat dan normal harus berhenti merokok. Karena penelitian di Inggris menyatakan pada wanita, keguguran terjadi 3000 sampai 5000 pertahunnya dan 1200 kasus kanker rahim pertahunnya.
Pada bayi yang ibunya perokok memiliki resiko tinggi mengalami SIDS (kematian mendadak), infeksi telinga, gangguan pernapasan, serangan asma.
Resiko yang terjadi pada kelahiran seperti ketuban pecah dini, lahir premature, berat lahir rendah, dan kematian bayi.
Jauhkan ibu hamil dari asap rokok kalau Anda mencintai istri dan anak Anda.


Merusak Penampilan
Bila kita ingin berpenampilan bagus dan sehat serta awet muda, maka perlu memperhatikan hal berikut ini.
Rokok menyebabkan kulit lebih cepat keriput, mulut bau, gigi dan kuku menjadi kuning.
Selain itu asap rokok akan menempel ditubuh, pakaian, tembok sehingga menyebabkan bau tidak sedap.
Dengan merokok akan merusak saraf perasa di lidah sehingga makanan menjadi kurang dapat dinikmati.

Mensejahterakan Keluarga
Menurut data sebagian besar perokok adalah golongan menengah kebawah, maka bila berhenti merokok dan uang rokok itu disimpan maka dapat mensejahterakan  keluarga.
Bila saudara membakar uang Rp. 5000 setiap hari untuk beli rokok maka dalam satu bulan Rp.150.000, dan dalam satu tahun Rp. 1.800.000.
Gantinya beli rokok, uang itu dapat dipakai untuk membayar uang sekolah, membelikan buku anak, makanan yang bergizi, pakaian, membayar cicilan dll.
Itu baru kerugiannya bila saudara merokok, belum lagi berapa pengeluaran untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh rokok terhadap Anda sendiri, istri dan anak-anak. Apalagi kalau Anda terkena Kanker atau stroke dan  lumpuh, diperlukan uang jutaan untuk merawat Anda, dan Andapun tak dapat bekerja. Hal ini akan membawa penderitaan bagi seluruh keluarga.  Maka bila Anda berhenti merokok kehidupan Anda akan lebih sehat dan lebih banyak uang bisa dipakai untuk meningkatkan ke sejahteraan keluarga.
Apa bila uang itu dipakai untuk modal kerja maka dapat menghasilkan uang lebih banyak.


PEROKOK PASIF
Aliran asap pada rokok dibedakan menjadi 2 bagian yaitu aliran yang lewat dalam batang rokok,disebut aliran utama, sedangkan yang langsung ke udara disebut aliran samping.
Zat kimia yang ada di aliran samping lebih banyak, dari pada di aliran utama.
Kandungan gas karbon monoksida pada aliran samping 5 kali lebih banyak dari aliran utama; Nikotin 2 sampai 3 kali lipat, Amonia 50 kali lipat Benzopyrene 3 sampai  4 kali lipat.
Jadi oleh sebab itu berbahaya bagi yang tidak merokok dan berada disekitar orang sedang merokok. Mereka disebut perokok pasif.
Di beberapa Negara telah diperlakukan undang-undang larangan merokok di tempat umum untuk melindung mereka yang tidak merokok.  Di Jakarta telah ada perda larangan merokok ditempat umum dan fasiltas kesehatan, misalnya di bus, mikrolet, restoran, kantor , ruang tunggu dokter, rumah sakit dan lain-lain.
Lindungilah anak, istri dan sahabat kita dari asap rokok, janganlah merokok bila disekitar kita ada orang-orang yang tidak merokok, dan yang terbaik berhentilah merokok.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Syukron^^